Data warehouse
adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah dan
efisien untuk mendukung pengambilan keputusan. Data warehouse merupakan
salah satu bentuk basis data yang memiliki data berskala besar.
Data warehouse bukan merupakan basis data operasional, melainkan basis
data yang berisi data dalam dimensi waktu tertentu yang sangat berguna
untuk keperluan evaluasi, analisis dan perencanaan yang dilakukan oleh
pihak manajemen dalam sebuah perusahaan. Meskipun demikian, belum banyak
perusahaan yang mengembangkan dan menerapkan data warehouse serta
memanfaatkannya guna menunjang berbagai hal penting didalam organisasi
atau institusi.
Perencanaan
arsitektur pada pengembangan data warehouse ini meliputi arsitektur logical
dan arsitektur
fisik.
Arsitektur
logical berupa rancangan
tahapan alur data dari sumber data sampai menjadi data pada data
warehouse, sedangkan arsitektur
fisik berupa gambaran
konfigurasi teknis dari data warehouse tersebut.
Perencanaan
arsitektur tersebut tentunya sedapat mungkin didesain sesuai
dengan kondisi yang ada. Hal terpenting dari data warehouse adalah
kemampuan data warehouse dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh user.
Data warehouse dalam kasus pemasaran produk dapat menyediakan informasi
pemasaran produk yang sesuai kebutuhan dengan cara yang mudah dan cepat
sehingga dapat mendukung proses evaluasi dan pengambilan keputusan yang
dilakukan. Akan tetapi lain halnya dengan pembangunan data warehouse pemasaran
perguruan tinggi terdapat beberapa tahapan yang dapat dipenuhi untuk memastikan
agar perkembangannya mencapai hasil sebagaimana yang diinginkan. Secara garis
besar tahapan tersebut meliputi : analisis data yang terkait dengan pemasaran
perguruan tinggi dan desain serta pembangunan data warehouse.