Review Jurnal Data Warehouse

Diposting oleh Label: di
Jurnal :
1. Jurnal 1 atau dibuka secara online disini
2. Jurnal 2 atau dibuka secara online disini

Review

 Data warehouse adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah dan efisien untuk mendukung pengambilan keputusan. Data warehouse merupakan salah satu bentuk basis data yang memiliki data berskala besar.

 Data 
warehouse bukan merupakan basis data operasional, melainkan basis data yang berisi data dalam dimensi waktu tertentu yang sangat berguna untuk keperluan evaluasi, analisis dan perencanaan yang dilakukan oleh pihak manajemen dalam sebuah perusahaan. Meskipun demikian, belum banyak perusahaan yang mengembangkan dan menerapkan data warehouse serta memanfaatkannya guna menunjang berbagai hal penting didalam organisasi atau institusi. 

 Perencanaan arsitektur pada pengembangan data warehouse ini meliputi arsitektur logical dan arsitektur fisik.

 Arsitektur logical berupa rancangan tahapan alur data dari sumber data sampai menjadi data pada data warehouse, sedangkan arsitektur fisik berupa gambaran konfigurasi teknis dari data warehouse tersebut.

 Perencanaan arsitektur tersebut tentunya sedapat mungkin didesain sesuai dengan kondisi yang ada. Hal terpenting dari data warehouse adalah kemampuan data warehouse dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh user. Data warehouse dalam kasus pemasaran produk dapat menyediakan informasi pemasaran produk yang sesuai kebutuhan dengan cara yang mudah dan cepat sehingga dapat mendukung proses evaluasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan. Akan tetapi lain halnya dengan pembangunan data warehouse pemasaran perguruan tinggi terdapat beberapa tahapan yang dapat dipenuhi untuk memastikan agar perkembangannya mencapai hasil sebagaimana yang diinginkan. Secara garis besar tahapan tersebut meliputi : analisis data yang terkait dengan pemasaran perguruan tinggi dan desain serta pembangunan data warehouse.


Posting Komentar
Ayo berikan Komentarmu, karena satu komentar dari kamu itu sangat berarti bagi saya (^_^)

Back to Top